Senin, 19 Oktober 2015

Profil Terminal 2 (T2) Bandara Internasional Juanda Surabaya

Terminal 2 milik Bandara Internasional Juanda Surabaya merupakan sebuah terminal Bandara di kota pahlawan yang baru dioperasikan pada tahun 2014 lalu. Terminal ini baru mulai dibangun pada area terminal lama Juanda yang dibongkar untuk dijadikan bangunan terminal baru. Terminal ini memiliki luas 49.500 m2 dan memiliki daya tampung maksimal hingga 6 JPT (juta penumpang pertahun).

Dalam hal mengkonsep pembangunan terminal 2 Bandara Juanda, PT Angkasa Pura I melakukan kolaborasi strategis dengan pihak Bandara Incheon di Korea Selatan. Hasilnya, Bandara Juanda dibangun dengan mengadopsi konsep Meeting Point, dimana penumpang dan penjemput bisa masuk ke lokasi tenant di terminal bandara. Screening Check Point (Fasilitas pemeriksaan) juga akan dibedakan antara penumpang laki-laki dan perempuan. Terminal ini juga akan difasilitasi dengan keran dan wastafel khusus yang airnya dapat langsung diminum oleh penumpang dan seluruh pengunjung bandara. Tak lupa fasilitas bagasi yang lebih moderen akan mempermudah penumpang di Terminal 2 Bandara Juanda. Proyek pembangunan Terminal 2 Juanda ini menelan anggaran dana hingga Rp 946 miliar.


Pertama kali dibangun pada tahun 2011, Terminal ini sedianya akan dimanfaatkan untuk mengalihkan luapan penumpang di Terminal 1 yang sudah overload. PT Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara Internasional Juanda menyadari bahwa kapasitas Terminal 1 yang hanya sebesar 6 JPT telah mengalami over capacity hingga 17,6 juta penumpang di tahun 2013, dengan peningkatan penumpang sebesar 15 % selama tahun 2009-2013. Untuk memaksimalkan kapasitas terminal, maka dilakukan pemanfaatan kembali terminal lama Bandara Juanda sebagai T2 Bandara Juanda.

Setelah bangunan terminal 2 jadi, terminal ini sempat mengalami beberapa kali penundaan operasional akibat beberapa alasan, diantaranya akibat menyebarnya abu vulkanik Gunung Kelud akibat letusan yang terjadi pada 13 Februari 2014. Pengoperasian Terminal 2 Bandara Juanda yang dijadwalkan esok harinya, otomatis harus diundur hingga beberapa hari. Penerbangan perdana yang sekaligus membuka operasional Terminal 2 Bandara Juanda berasal dari maskapai Garuda Indonesia tujuan Makassar dengan kode penerbangan GA-631 yang dijadwalkan untuk terbang pada pukul 05.25 WIB pagi.

Beberapa maskapai yang dijadwalkan untuk menempati Terminal 2 (T2) Bandara Juanda diantaranya adalah Lion Air, China Airlines, Singapore Airlines, Eva Air, Cathay Pasific, Jetstar (Value Air), dan Garuda Indonesia untuk rute internasional. Sedangkan untuk rute domestik, ada maskapai AirAsia, TigerAir Mandala, dan Garuda Indonesia.