Senin, 26 Oktober 2015

Otoritas Bandara Juanda

Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya adalah salah satu bandara internasional tersibuk di Indonesia. Sehari-hari Bandara Juanda melayani pemberangkatan dan kedatangan para penumpang dari maskapai-maskapai penerbangan domestik maupun internasional.

Dari segi otoritatif, status Bandara Juanda saat ini adalah bandar udara milik TNI Angkatan Laut yang pengoperasian hariannya berada di bawah tanggungjawab PT. Angkasa Pura I.


Bandara Juanda sejak awal telah direncanakan menjadi bandara internasional yang menggantikan lapangan udara militer Monokrembangan, Tanjung Perak, Surabaya.

Bandar Udara Juanda diresmikan pada tahun 1964 sebagai pangkalan udara milik TNI Angkatan Laut.

Pada tanggal 7 Desember 1981, pengelolaan penerbangan sipil diserahkan oleh TNI Angkatan Laut di bawah naungan Departemen Pertahanan dan Keamanan Republik Indonesia kepada Departemen Perhubungan.

Empat tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 1 Januari 1985, pengelolaan Bandara Juanda diserahkan kepada pihak Perum Angkasa Pura I yang berlangsung hingga saat ini.

Mengenai sejarah penerbangan internasional di Bandara Juanda yang berstatus Bandara Internasional, penerbangan internasional sudah mulai dilakukan pada tahun 1987 ke negara-negara seperti Singapore, Malaysia, Manila, dan Taipei via Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Penerbangan internasional langsung dari Bandara Internasional Juanda baru terlaksana secara resmi pada tahun 1990.

Pada awal tahun 2006 terjadi rencana pemindahan terminal untuk penerbangan internasional di Bandara Juanda. Pemindahan terminal ini mengambil tempat di sebelah utara landasan pacu. Pada bulan November 2006, terminal penerbangan internasional di Bandara Juanda telah resmi dibuka dan disahkan oleh mantan presiden SBY kala itu.

Hingga saat ini Bandar Udara Internasional Juanda berada di bawah manajemen PT. (Persero) Angkasa Pura I yang berstatus sebagai Badan Usaha Milik Negara.

Secara umum, PT. Angkasa Pura I mendapat mandat dari pemerintah untuk mengelola jasa kebandarudaraan di wilayah Tengah dan Timur Indonesia.
Seiring dengan pertumbuhan akses perhubungan dunia, Bandar Udara Juanda di bawah supervisi dari PT. Angkasa Pura I terus meningkatkan kualitas layanan dan penerbangan untuk masyarakat Indonesia. Dengan mengutamakan keselamatan penerbangan dan pelayanan terdepan, Bandara Juanda terus berkembang menjadi pintu gerbang akses perhubungan baik dalam negeri maupun internasional.